Sketsa Tentara

Categories: sketsa | Tags: , , | Leave a comment

Beberapa dari Sketsa (yang masih tersimpan)

Aku dari dulu suka coret-mencoret. Bisa dibilang sketsa. Tapi semua hasil sketsa itu berserakan entah ke mana. Ada yang terbuang. Ada yang terselip di antara buku-buku. Ada yang langsung dicomot teman. Ada yang memang tak bisa terdeteksi karna memang digambar di berbagai media yang kebetulan ada (kertas buram, buku pelajaran, blognote, sampe fotocopy-an).

Aku tiba-tiba teringat binder tua zaman SMA. Binder itu masih tersimpan rapi di sudut lemari. Dan binder itu masih menyimpan beberapa gambar sketsa yang pernah kubuat. Beberapa barusan ku-scan.

Ini lah beberapa sketsa yang ku-scan itu:

sketsa_1

sketsa_2

Dua sketsa di atas sebenarnya inspirasinya dariΒ kisah bidadari ‘Ainul Mardhiyah..

sketsa yang ini kugambar sebagai kekesalan pada Yahudi yang seolah tengah menduduki dunia.

sketsa ini kugambar pas lagi suka-sukanya dengan Inuyasha dan Samurai-X

Categories: sketsa | Tags: , | Leave a comment

Klipping Kartun (Zaman Doeloe)

Ada beberapa Klipping Kartun yang sempat ku-scan (tentu dengan sedikit perbaikan level kecerahan lewat photoshop)..

Kartun-kartun ini dulu sempat mengisi halaman wartawan pelajar di Sumatera Ekspress (Dulu nama halamannya “Flexi”, lalu berubah jadi “Visi”. Sekarang, saya lihat, namanya berunah lagi jadi “Ekspresi”).

kartun ini meyesuaikan dengan tema redaksi, yaitu tentang perpustakaan.

tema kartun ini saya lupa.. yg jelas, kontroversi antara pacaran yg bs merusak prestasi belajar..

Sebenarnya selama lebih dari 2 tahun, sudah banyak kartun yang ku gambar. Sayang, hanya beberapa yang sempat di-klipping, dan hanya 3 gambar ini yang ter-scan. Setiap kartun mewakili tema per pekan yang sudah disepakati bersama di rapat redaksi. Ada dulu kawan satu komunitas anime jepang mengakui kalo dia punya klipping yang lengkap. Kalo mau lihat kartun yang lebih lengkap, cari saja dia. (aku pun lupa namanya.. hha)

Thank’s…

Categories: kartun | Tags: , , , , | 4 Comments

Benarkah Setan Dibelenggu Selama Ramadhan?

Categories: kartun | Tags: , , | Leave a comment

Olimpiade Ramadhan

Categories: kartun | Tags: , , | Leave a comment

Tarawihan

Berhubung kartun bertemakan Ramadhan ini terbit di media lokal (Palembang), jadi dialognya pake bahasa di sana. Maaf kalo gak ngerti apa yang dikatakan orang yang ada di paling kanan:

“Kayaknya gak ada yang khusuk Tarawih orang-orang ini..”, kira-kira gitu terjemahannya. πŸ™‚

Categories: kartun | Tags: , , , | 4 Comments

Karakter FanZ

Di awal masa kuliah, saya ditawari menjadi salah satu personil majalah pertama BEM Unsri. Mungkin pertimbangannya, saya pernah menjadi crew Visi Sumeks sekaligus kartunisnya. Tugasnya simpel: desain karakter icon Fanz (nama majalah itu) untuk cover di setiap edisinya.

Edisi pertama cukup mengecewakan hasilnya. Saya memang yang buat gambar (gambar freehand tentunya). Tapi finishing warnanya oleh layouter. Edisi selanjutnya, saya menerapkan sistem pewarnaan komik Amerika, hasil gambar tangan, langsung diwarnai dengan brush setelah discan, tentunya dengan gradasi sehingga ada kesan efek pencahayaan di sana. Kalo mau pake cara manga Jepang, cukup ribet. Hasil scan digambar lagi dengan pen tool dan curve di PC.

di bawah ini adalah hasil scan dari freehand dan hasil setelah melalui proses pewarnaan:

Categories: kartun, sketsa | Tags: , , , | 4 Comments

Kaligrafi Drum

Aku suka drum..

Pernah pertama kali (satu-satunya ding) juara kaligrafi pas SMA, saat itu aku jadi juga suka kaligrafi.

Lalu dapat inspirasi buat kaligrafi Al-Fatihah berbentuk drum… karna dulu hasil karya tangan, dan belum ada scanner.. jadilah seperi ini hasil yang bisa diposting… πŸ™‚

Nikmatilah alunannya!!!

Categories: kreasi | Tags: , , | 5 Comments

Garing

Ini juga salah satu produk belajar photoshop saat masih berseragam putih abu-abu dulu..

Garing ya.. B-)

Categories: kreasi | Tags: , , , , | Leave a comment

Terbang…

Kesannya narsis ya?? πŸ˜€

Jangan pandang wajahnya.. tp pandang keseriusan seorang pembelajar di sana.

Ini adalah produk pertama aku belajar photoshop dulu. Juga salah satu puisi pertama saat baru belajar nulis.

Categories: kreasi | Tags: , , , | 2 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: